Konsep Al-Qur’an tentang Kecerdasan Emosional dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19)

Authors

  • M. Hambal Shafwan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62750/staika.v4i2.45

Keywords:

Kecerdasan emosional, Pendidikan Islam, al-Qur’an

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa dalam dunia pendidikan agar menghasilkan pelajar yang baik, sesuai yang diharapkan, maka pengajaran pendidikan Islam yang mengajarkan tentang aqidah dan akhlak adalah hal yang penting, tidak hanya menitik beratkan pada kecerdasan intelektualnya saja tanpa diimbangi dengan kemampuan emosional. Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode dokumentasi dapat dimanfaatkan untuk menguji, menafsirkan, bahkan untuk meramalkan. Kemudian data tersebut dikelola dengan metode analitis (tahlili). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kecerdasan emosional dapat menuntun serta membimbing potensi manusia untuk membentuk pribadi yang bijaksana dalam menjalankan kehidupan sehari-hari yakni dalam berinteraksi dengan baik, cerdas dalam berucap, serta bijak dalam berucap. (2). Materi kecerdasan emosional yang terdapat pada surat Luqman ayat 12-19 meliputi pengajaran tentang penanaman aqidah yakni menjadikan Allah sebagai pegangan hidup, dan akhlak. (3). Ajaran pendidikan kecerdasan emosional yaitu untuk membentuk insan kamil yakni dengan menanamkan pelajaran aqidah yang benar, pemeliharaan karakter melalui ibadah dan penanaman akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Rosihon dkk, Ilmu Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia, 2000).

Ary Ginanjar Agustian, ESQ Power Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan (Jakarta: Arga, 2003).

___________________. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual The ESQ WAY 165 (Jakarta: PT. Arga Tilanta, 2001).

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi (Jakarya: Logos, 1999).

Daradjat, Zakiah dkk., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahan (Semarang: PT. Kumudasmoro Grafindo, 1994),

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam (Jakarta:Ichtiar Baru Van Hoever, 1994).

Faruqi, Ahmad. Kecerdasan Emosi dalam Tafsir Mahasin al-Ta’wil (Jurnal: Qolamuna Vol. 3 No. 1 Juli, 2017).

Goleman, Daniel. Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Terj. Alex Trikanjono Widodo (Jakarta: Gramedia, 2002).

______________. Emotional Intelligence: Mengapa EI Lebih Penting daripada EQ, Terj. T. Hermaya (Jakarta: Gramedia, 2004).

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: Rajawali Press, 2012).

Howard, Gardner. Multiple Inteligences, Kecerdasan Majemuk-Teori dan Praktek (Jakarta: Inter Aksara, 2003),

Downloads

Published

22-08-2021

Issue

Section

Article

How to Cite

Konsep Al-Qur’an tentang Kecerdasan Emosional dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam (Studi Analisis Tematik Surat Luqman Ayat 12-19). (2021). Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 4(2), 127-140. https://doi.org/10.62750/staika.v4i2.45