Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran

Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran

Authors

  • yusuf wibisono STAI MuhammadiyahPaciran

Keywords:

Pengaruh, Aqidah Akhlaq, Interaksi Sosial

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial selalu melakukan interaksi sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi sosial merupakan syarat mutlak individu untuk bertahan hidup. Kemampuan berinteraksi sosial individu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Interaksi sosial melibatkan diri dan lingkungan sekitarnya. Cara interaksi sosial yang dilakukan remaja berbeda-beda antara remaja yang satu dengan remaja yang lain. Hal tersebut biasanya berkenaan dengan pola pikir dan kapasitas remaja tersebut dalam memandang dirinya sehingga ia merasa bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu dibidang atau disisi yang lain atau dibagian dimana ia mampu melakukannya, sehingga kita dapat melihat bahwa ada remaja yang melakukan interaksi sosial dengan kasar (arogan) dan ada remaja yang berinteraksi sosial dengan luwes (interaksi sosial dengan baik maka ia akan mudah diterima oleh lingkungannya tetapi jika ia melakukan interaksi sosial dengan jelek maka ia akan sulit diterima oleh lingkungannya). Oleh sebab itu pendidikan pelajaran aqidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pola tingkah laku atau berinteraksi sosial siswa yang bulat melalui latihan kejiwaan, kecerdasan, penalaran, perasaan dan indera.

Dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket kepada 31 siswa. Adapun hasil data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.

=

            Dari hasil penelitian terdapat hasil analisis statistik variabel bebas (Pelajaran Aqidah Akhlak) yang berpengaruh sedang terhadap variabel terikat (Kemampuan berinteraksi sosial siswa). Dalam artian jika pelajaran aqidah akhlak di MA Muhammadiyah 05 baik, maka kemampuan berinteraksi sosial siswa akan baik juga. Hal ini diperoleh dengan dengan perhitungan  yang menggunakan “Korelasi Product Moment” Besarnya hasil dari “r” kerja adalah 0,510 yang letaknya antara 0,40 sampai 0,599, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh pelajaran aqidah akhlak terhadap kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas XI MA Muhammadiyah 05 Paciran Lamongan adalah sedang.

Published

10-05-2022

How to Cite

wibisono, yusuf. (2022). Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran: Pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kemampuan Berinteraksi Sosial Siswa MA Muhammadiyah 05 Paciran. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam Karang Asem, 5(1), 52–65. Retrieved from http://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/52