Implementasi Media Canva untuk Pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At-Thohiriyah Brondong Lamongan

Authors

  • Nely Izzatul Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  • Romelah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

DOI:

https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.63

Keywords:

Implementasi, Canva, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media canva untuk pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At - Thohiriyah Brondong Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di TPQ At-Thohiriyah Brondong Lamongan. Informan penelitian ini adalah guru Bahasa Arab dan 6 santri (2 santri kemampuannya di atas rata-rata, 2 santri kemampuan sedang, dan 2 santri kemampuan di bawah rata-rata) yang mengikuti proses belajar di TPQ At-Thohiriyah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan teori John W. Creswell dengan menerapan tiga langkah yaitu pengumpulan data, pengolahan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pengembangan media berbasis aplikasi Canva efektif untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At-Thohiriyah.

References

Adyati Rahmasari, E., & Yogananti, A. F. (N.D.). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). Http://Publikasi.Dinus.Ac.Id/Index.Php/Andharupa

Azis, R., Tarbiyah, F., Uin, K., & Makassar, A. (N.D.). Implementasi Pengembangan Kurikulum.

Hasanah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Address, N., Syeikh Abdul Rauf Kopelma Darussalam, J., Aceh, B., & Mujahid Hamdan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Address, A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq). In Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, Issue 1).

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V10i1.4720

Ichsan Mahardika, A., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring (Vol. 4, Issue 3).

Fahmi, A. I. W. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring. Jalie: Journal Of Applied Linguistics And Islamic Education, Vol 05 No 02, 274–293.

Inovasi Pemanfaatan Word Wall. (N.D.).

Junaedi, S., Pawiyatan Luhur, J., & Duwur, B. (N.D.). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology.

Nur Isnaini, K., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. 5(1).

Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. In Jurnal Sasindo Unpam (Vol. 8, Issue 2).

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, D. M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. 4(2), 335–343. Https://Doi.Org/10.22460/As.V4i2p%25p.6859

Sukmadinata, N. S. (2019). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Pt. Remaja Rosdakarya.

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. Https://Doi.Org/10.31949/Jb.V1i4.417

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Izzatul, N., & Romelah. (2022). Implementasi Media Canva untuk Pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At-Thohiriyah Brondong Lamongan. Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 5(2), 111–118. https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.63

Issue

Section

Article