Partisipasi Wali Siswa terhadap Sekolah (Studi Kasus Sekolah Full Day di SD Islam al-Huda Sedayulawas Brondong)

Partisipasi Wali Siswa terhadap Sekolah (Studi Kasus Sekolah Full Day di SD Islam al-Huda Sedayulawas Brondong)

Authors

  • Elly Fitriyani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Papua

DOI:

https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.67

Keywords:

Partisipasi, Wali siswa, Sekolah Full Day

Abstract

Kedudukan orang tua atas anak sangatlah menentukan baik sebagai pemimpinan maupun yang bertanggung jawab atas anak di dunia maupun di akhirat sebab anak merupakan amanah dan tanggung jawab yang besar dihadapan Allah kelak di hari akhir. Keberhasilan anak dalam masalah pendidikan di rumah maupun di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi orangtua. Dalam hal ini peran keluarga dan orang tua sangat menentukan, karena orang tua adalah sekolahan pertama bagi anak-anaknya “Ummun madrosatul uulaa”oleh sebab itulah pendidikan yang benar-benar tertanam di dalam diri anak, baik maupun buruk tergantung bagaimana cara orang tua mendidiknya begitupun peran pendidikan di sekolah juga tak kalah penting. Sebagai orang tua haruslah bersikap bijaksana dalam memutuskan segala sesuatu termasuk dalammemilih pendidikan sekolah bagi anak-anaknya karena keduanya sangat berpengaruh untuk membentuk kepribadian anak. Selain itu orang tua juga harus memilih lingkungan masyarakat yang terbaik untuk anaknya. Berpijak pada permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk membuat judul “Partisipasi wali siswa terhadap sekolah”(Studi Sekolah Full Day di SD Islam al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan), permasalahan yang diangkat adalah: Bagaimana bentuk partisipasi wali siswa terhadap SD Islam Sedayulawas Brondong Lamongan dan bagaimana dampak partisipasi wali siswa terhadap kemajuan dan mutu pendidikan sekolah tersebut. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan partisipasi wali siswa terhadap SD Islam al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan dan dampak pengaruhnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk partisipasi wali siswa dalam rangka memajukan sekolah dan mutu pendidikanya amat bermacam-macam untuk para siswanya mulai dari bimbingan belajar, penyediaan fasilitas belajar, penjagaan kesehatan anak, pengawasan lingkungan pergaulan dan lain-lain. Untuk sekolah banyak wali siswa yang berpartisipasi mulai dari menyumbang dana untuk pembangunan sekolah baik dengan bentuk sumbangan moril maupun  materiil. Maka dampak pengaruhnya sangat baik, hal ini bisa dilihat dengan kemajuan sekolah saat ini dan mutu pendidikanya. Dan juga bisa dilihat dari prilaku anak-anak dalam keseharianya anak ketika disekolah dan dalam pergaulan dengan teman-temanya. Anak juga memiliki semangat yang tinggi tentang masalah belajarnya bahkan mintak les privat pada guru di luar jam formal juga mengerjakan PR dengan baik. Jadi, partisipasi wali siswa sangat penting karna tanpa dukungan orangtua dan partisipasinya maka antara orangtua dan pihak sekolah tidak bisa saling berjalan beririgan jadi keduanya saling bekerja sama dalam rangka memajukan dan mensejahterakan sekolah dan mutu pendidikanya agar lebih berkualitas.

References

Albani, Muhammad. Selamat! Anak Anda Luar Biasa. Solo: Pustaka Iltizam. 2007.

al-Hijazy, Hasan bin Ali. Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim. Jakarta: Pustaka al-Kautsar. 2001.

al-Qur’an dan terjemahnya, Bandung: PT. Syamil Cipta Media

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di rumah, sekolah, dan masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press. 1995.

Arifin, H.M. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang. 1997.

As-sahim, Muhammad bin Abdullah. Lima belas kesalahan mendidik anak dan cara islami memperbaikinya. Yogyakarta: Media Hidayah. 2002.

Baharudin. Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruuz Media. 2009.

Chomaria, Nurul. “Ayah, Ibu…Antar Aku ke Surga!”. Solo: Mumtaza. 2009.

Creswell, John W. Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Terj. Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Depdikbud. UU RI No. 2 Th 1989.

Fadlullah, Husain. Dunia Anak, Memahami Perasaan dan Pikiran Anak. Bogor: Cahaya. 2004.

Hadi, Sutrisno. Metodologi research. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta. 1999.

Mazhahiri, Husain. Pintar Mendidik Anak: Panduan Lengkap bagi Orang Tua, Guru dan Masyarakat Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: PT Lentera Basritama. 2001.

Malik, Fajar. Holistika Pemikiran Pendidikan. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada. 2005.

Marsi, Singarimbun. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES. 1977.

Mazhahiri, Husain. Pintar Mendidik Anak: Panduan Lengkap Bagi Orang Tua. Guru dan Masyarakat Berdasarkan Ajaran Islam. Jakarta: PT. LenteraBasritama. 2001.

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logoso Wacana Ilmu.1999.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014.

Nasution Harun. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan. 1998.

Nurwahid, Hidayat. Sekolah Islam Terpadu Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Syaami Cipta Media. 2006.

Purwadarminta. W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka. 1984.

Reyhan, Virgirama. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Garda Media. 2013.

Sanaky Hujair. Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Safiria Insani Press. 2003.

Suparno Sj.,et. Al., Paul. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius. 2002.

Sudarodji, M. KAMUS “INGGRIS INDONESIA dan INDONESIA INGGRIS”. Surabaya: Pustaka Tinta Mas. 1993.

Serumpet. Rahasia Mendidik Anak. Jilid II. Bandung: Indonesia Publishing House. 1977.

Zeno, M. Jameel. T.t. Bagaimana Mendidik Anak Secara Islami. Jakarta: al-Ishlah.

Downloads

Published

30-08-2022

How to Cite

Fitriyani, E. . (2022). Partisipasi Wali Siswa terhadap Sekolah (Studi Kasus Sekolah Full Day di SD Islam al-Huda Sedayulawas Brondong): Partisipasi Wali Siswa terhadap Sekolah (Studi Kasus Sekolah Full Day di SD Islam al-Huda Sedayulawas Brondong). Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 5(2), 93–101. https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.67

Issue

Section

Article