Pengaruh Kegiatan TPA terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Al Qur’an Hadits Siswa MI Al Ma’arif

Pengaruh Kegiatan TPA terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Al Qur’an Hadits Siswa MI Al Ma’arif

Authors

  • Abdul Rahim Karim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Sulawesi

DOI:

https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.68

Keywords:

Pengaruh Kegiatan TPA, Prestasi Belajar, Al Qur’an Hadits, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam rangka memajukan mutu pendidikan terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. sedangkan masalah yang diteliti adalah  ”Apakah ada perbedaan pretasi belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA”.  Berkenaan dengan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui ”Prestasi belajar bidang studi Al-Qur’an Hadits antara siswa kelas III MI AL Ma’arif Cumpleng Brondong Lamongan  yang berjumlah 40 siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Dalam penelitian ini dilapangan digunakan metode angket, metode wawancara, metode dokumentasi, untuk menggali data tentang prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas III MI AL Ma’arif Cumpleng Brondong Lamongan yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Hal ini berdasarkan kesimpulan dari statistik sebagai penguji Hepotesis kerja, perhitunga terakhir dari variable X dan variable Y membuktikan bahwa 8,05 adalah nilai rata-rata dari variable X atau 50 % dari responden, dan 6,9 adalah nilai rata-rata dari variable Y atau 50 % dari responden. Variabel X adalah siswa yang mengikuti TPA sedangkan variable Y adalah siswa yang tidak mengikuti TPA. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perbedaan yang sangat signifikan antar siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA.

References

Ahmadi Abu, Supriyono. Psikologi Belajar, Jakarta : Renika Cipta. 1995

Arikunto,Suharsimi. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta;Bina Aksara. 2002

Sabri. Psikologi Pendidikan, Jakarta CV, Panduan Ilmu Jiwa. 1996

Ari Kunto, Suharsimi. Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta : Rajawali. 2002

Berlinger. Perkembangan anak-anak Surabaya: Usaha Nasional. 1996

Djamarrah, Bahri, Syaiful. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,Surabaya:Usaha Nasional. 1994

Humam, Dkk. Pedoman Pengelolaan, Pembinaan, Pengembangan, membaca, menulis dan memahami Al-Qur’an, Yogyakarta: M3A. 1995

Kamus besar. W.j.s. Purwo Darminto. kamus Umum Bahasa Indonesia. 1990

Muhibbin. Psikologi Belajar, Jakarta: Logos. 1999

Sutrisno, Hadi. Psikologi Pengembangan pada anak Surabaya: Apollo. 1994

Syarifa’ain, Mujamman, Khodim Al-Haromain. Al-Qur’an terjemah Departemen Agama

Downloads

Published

25-08-2022

How to Cite

Karim, A. R. . (2022). Pengaruh Kegiatan TPA terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Al Qur’an Hadits Siswa MI Al Ma’arif: Pengaruh Kegiatan TPA terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Al Qur’an Hadits Siswa MI Al Ma’arif. Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 5(2), 87–92. https://doi.org/10.62750/staika.v5i2.68

Issue

Section

Article