Ruh Al-Mudarris: Fondasi Karakter Siswa yang Unggul dan Bertanggung Jawab

Ruh Al-Mudarris: Fondasi Karakter Siswa yang Unggul dan Bertanggung Jawab

Authors

  • Umi Rosyidah STAI Muhammadiyah Paciran, Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.62750/staika.v7i1.99

Keywords:

Ruhul Mudarris, Karakter Siswa, Unggul, Bertanggung Jawab

Abstract

Education serves as the primary foundation in shaping students' characters. Teachers play a crucial role in the realm of education. Thus, issues related to educators or teachers should be prioritized. This research aims to discuss the concept of Ruhul Mudarris in shaping students' characters. The qualitative method is employed with a literature review approach, drawing data from various primary and secondary sources. The study illustrates that the "ruh" or soul of a teacher holds greater significance than the teacher themselves in the learning process. This aligns with the philosophy, "At-Thoriqotu ahammu min al-maddah, al mudarris ahammu min at-thoriqoh, wa ruhul mudarris ahammu minal mudarris binafsihi."

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akis Indriana Rahayu, “Sifat-Sifat Rasulullah Saw Sebagai Dasar Pendidikan Karakter”, Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UPT Surakarta, No. 1 (2021).

Aspi Muhammad, Syahrani, “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan”, ADIBA: Journal of Education, No. 2 (2022):

Asrofi Muhammad, “Pemikiran Abdul Fattah Abu Ghuddah Tentang Konsep Kompetensi Guru Islam Dalam Kitab Al-Rasulul Mu’allim,” PROFETIKA: Jurnal Studi Islam No. 1 (2018).

Atieka Apriani Try, Budiana Irma, “Peran Pendidikan Karakter dan Kreativitas Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”, Madani: Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Humaniora, No. 2 (2019).

Budiman Agus, Wahyudi Agus, Kusuma Amir Reza, “Adab Sebagai Asas Pendidikan Di Pondok Modern Darussalam Gontor”, Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA, No. 2 (2023).

Cahyaningrum, “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan”, Jurnal Pendidikan Anak, No. 2 (2017).

Faiz. A, Purwati, “Peran Guru Dalam Pendidikan Moral Dan Karakter”, Jurnal Education and Development, No. 2 (2022).

Farhan Muhammad, “Pengertian Ruhul Mudarris Dalam Perspektif Pondok Modern Darussalam Gontor”, Tesis kampus UNIDA (Universitas Darussalam Gontor), (2019).

Fatimah Nirra, “Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan”, TRIBAKTI: Jurnal Pemikiran Keislaman, No. 2 (2018).

Gafur Abdul, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Model Tadzkirah”, Majalah Ilmiah Sriwijaya, No. 25 (2018).

Gontor Press, “KH. Imam Zarkasyi Di Mata Umat”.

Hanif, “Pandangan Alquran Dan Hadis Terhadap Sifat Kikir (Pelit)”, BASHA’IR: Jurnal Studi Alquran dan Tafsir, No. 1 (2022).

Jannah Miftahul, “Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa”, AL-MADRASAH: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, No. 2 (2020).

Jerome Lee, Kisby Ben, “Theorising Character Education”, The Rise of Character Education in Britain, (2019).

Judiani Sri, “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 9 (2010).

Julaeha Siti, “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Darusalam Tasikmalaya”, TARBIATUNA: Journal of Islamic Education, No. 2 (2022).

Kusumastita Imelda Indah, “Implementasi Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Untuk Tenaga Pendidik Di Indonesia”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, No. 2 (2020).

Manasikana, “Pendidikan Karakter dan Mutu Pendidikan Indonesia”, Publikasi Ilmiah UMS, (2018).

Najmina Nana, “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia”, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, No. 1 (2018).

Ngatiman, Ibrahim Rustam, “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, (2018).

Nuriyah Shinta, “Penghormatan Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karya Burhanuddin Al-Zarnuji”, ETHESES: Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpua, (2022).

Ramadhan Aditya. M, “Profesionalisme Guru Untuk Mewujudkan Guru Yang Bermutu”, (2022).

Ratnawati, Hasanah Mir’atul, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19”, PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, No. 1 (2021).

Romdoni Lisda Nurul, Maliha Elly, “Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren”, al-thariqah, No. 2 (2020).

Setiawan Irvan, Nusantoro Eko, “Hubungan Antara Kemandirian Dan Konformitas Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun 2019”, EDUKASI: Media Kajian Bimbingan Konseling, No. 2 (2020).

Zulfarno, Mursal, Saputra Riki, “Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMA Muhammadiyah Kota Padang”, RUHAMA: Islamic Education Journal, No. 2 (2019).

https://web.icjambi.sch.id/index.php/2023/03/01/ruhul-mudarris-upaya-peningkatan-dan-investasi-mutu-guru-dan-tenaga-kependidikan-madrasah/

Downloads

Published

18-02-2024

How to Cite

Rosyidah, U. (2024). Ruh Al-Mudarris: Fondasi Karakter Siswa yang Unggul dan Bertanggung Jawab: Ruh Al-Mudarris: Fondasi Karakter Siswa yang Unggul dan Bertanggung Jawab. Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.62750/staika.v7i1.99

Issue

Section

Article